.

Profil Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro atau yang bisa disebut UNDIP, merupakan sebuah universitas terbesar di Jawa Tengah yang terletak di Kota Semarang. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP. Universitas Diponegoro yang didirikan pada tahun 1957, juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan menjadi jujugan favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk menimba ilmu. Pada tahun 2020 nanti, UNDIP akan menjadi universitas riset yang unggul yang juga merupakan visi dari Universitas Diponegoro.

Tentang UNDIP

Sebutan : UNDIP
Visi : UNDIP sebagai Universitas Riset yang unggul pada tahun 2020
Semboyan : Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara
Berdiri : 9 Januari 1957
Status : Negeri
Rektor : Prof. Sudharto P. Hadi, MES, Ph. D
Lokasi : Semarang, Jawa Tengah
Prestasi : - Peringkat 6 Universitas Terbaik di Indonesia (QS)

Sejarah UNDIP

Sekitar awal tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas sebagai pelaksana pendidikan dan pengajaran tinggi. Hal itu untuk membantu pemerintah dalam menangani dan melaksanakan pembangunan di segala bidang. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gajah Mada yang berstatus sebagai universitas negeri. Jumlah lulusan SMU di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di universitas makin meningkat, namun karena masih sangat terbatasnya universitas yang ada, sehingga tidak semua lulusan dapat tertampung. Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin mendesak, kemudian dibentuk Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah awal didirikannya universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang.
Pendirian Universitas Semarang ternyata mendapat tanggapan dan bantuan dari berbagai pihak, khususnya masyarakat Semarang, Pemda Propinsi Jawa Tengah, serta Pemkot Semarang. Secara resmi Universitas Semarang dibuka pada tanggal 9 Januari 1957, sebagai Presiden Universitas diangkat Mr. Imam Bardjo
Pada upacara Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960 Presiden R.I. Dr. Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro, sebagai, penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasi dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah. Universitas (swasta) Diponegoro dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung mulai tanggal 15 Oktober 1960 tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro. [wikipedia]

Lokasi UNDIP

Kampus UNDIP Tembalang
Universitas Diponegoro memiliki kampus yang tersebar di beberapa lokasi baik didalam maupun diluar Kota Semarang dengan luas total sekitar 2.000.000 m2. Kampus Undip tersebar sebagai berikut :
* Kampus Tembalang (Semarang Atas), merupakan kampus UNDIP baru sebagai kampus utama dengan luas wilayah sekitar 1.352.054 m2. Terdiri dari Gedung Rektorat, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat, Lembaga Pengembangan Pendidikan, UPT Perpustakaan, UPT Undip Press, dan fakultas ilmu eksakta.
* Kampus Pleburan (Semarang Bawah), merupakan kampus UNDIP lama yang terletak di pusat kota dengan luas area sekitar 87.522 m2. Terdiri dari Program Pascasarjana, fakultas Non Eksakta, UPT komputer, UPT bahasa Asing, dan UPT mata Kuliah Umum.
* Kampus Gunung Brintik (RS Dokter Kariadi), untuk Fakultas Kedokteran.
* Kampus Jl. Kalisari, Semarang, untuk laboratorium
* Kampus Jl. Ade Irma Suryani, Jepara, untuk laboratorium FPIK
* Kampus Mlonggo, Jepara, untuk Fakultas Kedokteran
* Kampus Teluk Awur, Jepara, untuk FPIK

Fakultas UNDIP

Universitas Diponegoro memiliki 11 fakultas dan terdiri dari berbagai program studi mulai dari Diploma (D3), Sarjana (S1)/setara, Magister (S2), Doktor (S3), program profesi, serta progam spesialis. Berikut fakultas di UNDIP :


Universitas Diponegoro
Alamat : Jl. Prof. H. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah 50275
Telepon./Fax : (024) 7460020, 7460015
E-mail : htl@undip.ac.id
Website : http://www.undip.ac.id/

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *