.

Apa itu Planologi?



Saya mencoba untuk menjelaskan apa itu Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) secara sederhana dan akan memaparkannya dalam bentuk pertanyaan dan jawaban di bawah ini:
T: Apakah Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) itu?
J: Teknik Planologi atau PWK adalah ilmu yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah-wilayah. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik Planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) adalah ilmu tata kota.
T: Seperti arsitektur?
J: Tidak. Berbeda dengan arsitektur. PWK tidak merancang bangunan per bangunan, tapi langsung merencanakan suatu kota atau wilayah. Kuliah di Perencanaan Wilayah dan Kota itu tidak harus pintar menggambar, yang penting punya imajinasi tinggi, daya analisis kuat dan kreatif.
Buat yang sering bermain game PC mungkin tahu game Sim City? Seperti itulah hal-hal yang dipelajari di PWK.
T: Apa yang dipelajari di PWK?
J: Banyak… macam-macam. Yang dipelajari tidak melulu teknik atau hitung-hitungan. Sosial dan kemasyarakatan, teori-teori perencanaan kota dan wilayah, pengetahuan peta, statistika, serta software-software pendukung perencanaan, teori-teori sosial, hukum, kajian lingkungan, sistem transportasi, perumahan, serta teknik-teknik dan ilmu komunikasi juga dipelajari di PWK.
T: Setelah lulus?
J: Sama seperti lulusan fakultas teknik lainnya, lulusan PWK berhak menggunakan gelar Sarjana Teknik (S.T). Lulusan PWK bisa bekerja di konsultan-konsultan perencanaan atau di instansi-instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional /Daerah (Bappenas/Bappeda), Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, atau menjadi penentu kebijakan/pemimpin daerah. Selain itu juga bisa bekerja menjadi dosen, pemerhati/pengamat kota, pengembang perumahan dan lain-lain.
Itulah paparan sederhana saya tentang teknik planologi atau Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK). Semoga menambah wawasan anda!

Lihat sumber disini

2 komentar

Klik untuk komentar
danang rizky
admin
30 January 2013 at 19:45 ×

MAAF PAK...BISA KASI PENCERAHAN..LOWONGAN KERJA BWT PLANOLOGI SELAIN KONSULTAN...DAN SKR KEMENTRIAN,CPNS KAN LG TUTUP

Balas
avatar
Van Pamboedi
admin
30 January 2013 at 21:26 ×

Masih banyak kok mas..
memang untuk planologi prospek kerja cenderung ke konsultan, dan kedinasan (bappeda,tatakota, dll) selain itu juga bisa menjadi kontraktor, surveyor, dan bahkan di bidang perbankan. lebih jelasnya bisa dilihat disini

Balas
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *