.

Semarang Kota Van Karsten

Gereja Blenduk Kota Lama
Nederlandsindie.com – Di depan Gereja Blenduk berdiri sebuah mahakarya tahun 1920 dari arsitek Belanda, Thomas Karsten (1884-1945). Karsten sangat menentukan wajah Semarang. Berlage bahkan di tahun 1923 berkomentar, “Saya ingin kota Semarang dinamai Kota Van Karsten…,”
Arsitek Van Karsten berangkat menuju Nederlands-IndiĆ« pada 1914. Antara 1916 – 1942 dia menjabat sebagai penasehat gemeente (kotapraja) Semarang. Selama menjabat, dia telah merancang rencana pengembangan dan perluasan kota Semarang, termasuk karya-karya bangunan besar yang monumental. Karena kehebatannya merancang bangunan, beberapa gemeente lain di Jawa juga meminta advis dari Van Karsten. Namanya terpajang dalam daftar publikasi luas. Karya-karya Van Karsten sangat berarti untuk perkembangan arsitektur dan pembangunan kota di Nederlands-IndiĆ«. Karya Van Karsten antara lain ditandai dengan ciri khas, yakni megah, bergaya monumental, disempurnakan dengan detil elemen-elemen art deco, abadi dan konstan berkualitas tinggi.
Karsten adalah salah satu arsitek besar Belanda di abad 20, namun kurang begitu populer di Negeri Belanda. Belakangan dia menjadi pendukung ide pemerintahan sendiri untuk bangsa Indonesia dan dia berkawan karib dengan Soekarno, yang juga seorang arsitek. Karya indah Van Karsten yang menonjol di Semarang adalah gedung asuransi Nillmij (1916), yang sejak dinasionalisasi oleh Indonesia dijadikan kantor PT PT Asuransi Jiwasraya. Gedung ini berbentuk segi delapan, dengan tiga tingkat dan dilengkapi lantai tegel berwarna putih. Dalam merancang gedung ini Karsten mengkombinasikan pengaruh Jawa, Belanda dan art deco.
Gaya art deco geometris dari Van Karsten masih banyak dijumpai di Semarang, antara lain gedung di Jl. Pemuda (dulu kawasan Bodjong), salah satu jalan yang sudah didisain Belanda sejak dulu. Juga gedung kantor perusahaan kereta api Stoomvaart Mij (1930) di Jl. Mpu Tantular, dulu Westerwalstraat. (Sumber: Bert Franssen en Ruud van Soest, visualtext.nl)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *