.

Warnetcity Jadikan Semarang Kota Cyber


Rabu, 25 April 2012

SEMARANG- Terobosan baru dilakukan oleh PT Halosemarang di Jalan Ngesrep Dalam V Timur II No 8a Tembalang dengan meluncurkan sebuah jaringan wifi (hotspot) se-Kota Semarang bernama Warnetcity pada awal Mei mendatang.
Warnetcity tersebut merupakan jaringan fiber optik PT Icon Plus yang merupakan anak perusahaan dari PT PLN, dan bisa diakses oleh masyarakat atau pengguna internet dimanapun mereka berada, seperti di rumah, sekolah, sarana prasarana umum dan tempat lainnya. Dengan dibangunnya sekitar 200 titik RT/RW NET sebagai hotspot di seluruh Kota Semarang, masyarakat tidak perlu bingung lagi mencari warnet untuk browsing internet ataupun keperluan lainnya dan bisa diakses menggunakan BlackBerry, Ipad, Android, dan peralatan lain.
’’Bila dulu masyarakat yang mendekati warnet, sekarang warnetlah yang mendekati masyarakat. Warnetcity ini menciptakan sebuah komunitas dalam satu kota karena di dalamnya dilengkapi dengan fasilitas seperti portal koncoku.com yang fungsinya mirip dengan jejaring facebook, chatting, massaging, twitter dan toko online,’’ kata Adrian HS, Direktur PT Halosemarang.
Tidak hanya itu, dalam Warnetcity juga terdapat database kependudukan lengkap dengan curicullum vitae (CV) dari para user yang diperoleh dari proses registrasi.
’’Pendaftaran hanya menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) sebagai data riil dan dikenakan biaya Rp 10.000. Penggunaan KTP ini ditujukan untuk meminimalisasi tindak penipuan yang sering terjadi di internet,’’ katanya.
Dengan biaya pendaftaran Rp 10.000, user  mendapatkan akses internet unlimited selama sebulan. Sementara untuk pemasangan hotspot di setiap rumah warga gratis. ’’Kecepatan yang kami sediakan lewat jaringan fiber optik saat ini 20 Mbps. Kecepatan akses akan simultan dengan jumlah user yang online pada waktu yang sama dan akan meningkat sesuai dengan jumlah user yang mendaftar, tidak menutup kemungkinan kita bisa menyediakan kecepatan lebih dari 200 Mbps,’’ kata owner Apple Karaoke Semarang ini.
Diungkapkannya, Warnetcity merupakan duplikasi Kota Semarang di dunia maya. Sebab segala bentuk kegiatan riil di Kota Semarang seperti bisnis, database penduduk dan pertemanan dimayakan di dunia online.
’’Dengan penggunaan KTP sebagai syarat pendaftaran disertai dengan CV, maka database ini bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha yang sedang mencari tenaga kerja. Begitu juga untuk belanja. Warnetcity juga menyediakan website yang bisa digunakan sebagai toko online sehingga warga Semarang bisa mencari kebutuhan lewat internet terlebih dahulu. Setelah menemukan apa yang dicari, mereka bisa datang langsung ke alamat toko yang riil, dengan begini penipuan toko online bisa diminimalkan,’’ katanya. Masyarakat bisa menghubungi  nomor 024-76918891-3. (J12-39)

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *