Senin, 11 Juni 2012

Proyek Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang

Pada mulanya Bandar Udara Ahmad Yani Semarang merupakan Pangkalan Udara Angkatan Darat. Sejalan dengan peningkatan frekuensi penerbangan sipil, maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaan Bandar Udara Ahmad Yani di serahkan kepada PT. (Persero) Angkasa Pura I. Terhitung tanggal 1 Oktober 1995 kepemilikan dan pengopersian Bandara Ahmad Yani diserahkan pada PT. (Persero) Angkasa Pura I dengan pembinaan teknis tetap dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bandara Ahmad Yani mendapat status sebagai bandara internasional pada tanggal 31 Agustus 2004. 




Saat ini dalam sehari terdapat sekitar 70 penerbangan ke dan dari kota (direct), yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, Denpasar, Banjarmasin, Pangkalan Bun dan Sampit serta penerbangan internasional ke Kuala Lumpur dan Singapura dengan rata-rata jumlah penumpang lebih dari 6.000 orang per hari.

Masterplan AYIA


Sejak tahun 2004 telah direncanakan pengembangan Bandar Udara Internasional Ahmad Yani. Target waktu itu tahun 2009 mulai konstruksi dan beroperasi tahun 2011. Pengembangan yang akan dilakukan adalah dengan membangun terminal baru di sisi utara runway, menambah panjang runway, membangun paralel taxiway, dan juga apron. Sampai saat ini yang baru terlaksana adalah penambahan panjang runway dari semula hanya 1.850 meter menjadi 2.680 meter dengan kekuatan landasan atau PCN (Pavement Classification Number) adalah 55. Dengan panjang dan PCN tersebut Bandar Udara Internasional Ahmad Yani telah mampu didarati pesawat berbadan lebar. Sedangkan pembangunan terminal baru, apron dan taxiway tertunda beberapa kali dengan berbagai alasan. Dan baru tahun 2011 ini pembangunan tersebut dimulai dan diharapkan dapat digunakan pada tahun 2013.






Pengembangan AYIA menggunakan lahan seluas kurang lebih 67 hektar. Pengembangan yang dilakukan adalah:
  1. Menambah panjang runway dari 1.850 meter menjadi 2.680 x 45 meter (sudah selesai tahun 2007). Rencana kedepan PCN-nya akan ditingkatkan lagi.
  2. Membangun terminal penumpang baru di sisi utara runway. Terminal baru seluas 27.500 m2 ini akan mampu menampung 3 juta penumpang per tahun dari sebelumnya hanya 1,2 juta. Terminal ini pada tahap awal akan dilengkapi 3 unit garbarata dan kedepan bisa ditambah sampai 5 unit, 25 unit konter check in, 8 unit konter imigrasi dan 4 conveyor pengambilan bagasi.
  3. Membangun paralel taxiway.
  4. Membangun apron baru seluas 61.344 m2 yang akan mampu menampung 10 pesawat berbagai tipe.
  5. Pembangunan tempat parkir baru yang mampu menampung 1.066 mobil.
  6. Pembangunan akses jalan baru dari kawasan PRPP.

Sesuai standar pembangunan baru bandara yang harus ramah lingkungan atau green airport, pengembangan AYIA juga menerapkan konsep tersebut. Konsep green airport yang akan diterapkan di AYIA antara lain:

  1. Gedung terminal dibangun terapung dengan melestarikan hutan mangrove dan merubah tambak menjadi kolam yang bersih.
  2. Tambak akan diubah menjadi conservation lake yang dikelilingi hutan mangrove. Di conservation lake ini akan dibangun pulau buatan, floating restaurant danfishing valley.
  3. Pada gedung terminal akan ada banyak lubang dan kaca serta tanaman hijau yang menyatu dengan ornamen tradisional dan modern. Ini akan mengurangi penggunaan AC dan lampu.
  4. Sumber utama listrik berasal dari natural gas generator set dengan back up listrik dari PLN, kincir angin dan solar panel.
Rencananya, Bandara Ahmad Yani akan dibangun menjadi tiga lantai. Lantai satu dan dua akan difungsikan sebagai terminal kedatangan dan pemberangkatan, sedang lantai tiga akan menjadi tempat wisata kuliner serta arena pergelaran kesenian dan budaya.

Design by Grha Matra Disain Indonesia JO with PT. Portal Engineering Perkasa

Design Exterior






Design Interior




 Progres AYIA
  • Akses Terminal Baru (Juli 2013)
  • Pengurukan Terminal Bandara (2012)

3 komentar:

  1. Mas, njenengan apa member SSC Semarang juga? Siapa username di SSC?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha mboten mas aris, saya cuma sering ngikutin perkembangannya aja, cuma pupug bawang.. (rak mudeng ndaftar e)
      wkwk

      Hapus
  2. Hahaha.... bisa bikin blog bagus kayak gini, masak gak bisa mendaftar.... Yo wis mas, lanjutkan...

    BalasHapus