.

Komunitas Semarang Berkebun

Berkebun memang salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi bila dikerjakan secara beramai-ramai. Nah, inilah yang menjadi salah satu inspirasi bagi terbentuknya komunitas Semarang Berkebun. Komunitas ini merupakan anak dari komunitas yang ada di Jakarta, yang dikenal dengan Indonesia Berkebun.


Terbentuk Maret 2011, Semarang Berkebun mempunyai program urban farming yang mengajak masyarakat untuk menanam dan menghijaukan di lingkungan sekitarnya. Semarang berkebun memiliki 10 anggota tetap yang rata-rata adalah mahasiswa dari beberapa universitas di Semarang.

Di setiap pertemuan, mereka berdiskusi seputar aktivitas berkebun sembari menyusun agenda kegiatan ataupun evaluasi setelah melakukan suatu acara, salah satunya adalah berkebun bersama. Mereka sudah terlanjur menemukan asyiknya menanam, merawat hingga memanen hasil bercocok tanam yang dapat memberikan kepuasan batin tersendiri.

Komunitas ini mempunyai project rutin dengan ke tiga konsep yaitu environment, edukasi dan ekonomi. Ketiga konsep itu diwujudkan dengan memberdayakan lahan yang kosong untuk ditanami. Target sasarannya tidak hanya para orang tua atau anak muda saja, anak-anak juga sudah mulai dikenalkan agar sadar lingkungan sejak kecil.

Semarang berkebun sangat aktif di media sosial, Jika ingin bergabung dengan komunitas ini, cukup dengan mengikuti timeline twitter Semarang Berkebun (@SMGberkebun). Semarang Berkebun berharap menjadikan Kota Semarang bukan kota yang identik dengan panas, melainkan menjadi kota yang hijau dan teduh.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *