.

KA Semarang-Ambarawa Digarap


SEMARANG- Jalur kereta api (KA) jurusan Semarang-Ambarawa rencananya akan dihidupkan lagi pada 2013 mendatang. Saat ini prosesnya masih dalam tahap penguatan Detail Engineering Design (DED).

Kepala Pusat Pelestarian Benda, Bangunan, dan Kawasan Bersejarah PT Kereta Api Indonesia (KAI), Ella Ubaidi mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai mengerjakan penguatan kembali jembatan, perbaikan jalur lintasan, dan menyempurnakan DED. Semuanya itu untuk merealisasikan rencana PT KAI menghidupkan kembali jalur KA Semarang- Ambarawa.

“Saat ini lebih memfokuskan pada pembuatan DED, agar pada September 2012 ini dapat dipelajari dan disetujui oleh Menteri Perhubungan,” katanya,kemarin.Jalur KA Semarang- Ambarawa yang panjangnya sekitar 72 km itu setidaknya akan melewati 10 stasiun, mulai dari Stasiun Poncol Semarang menuju Stasiun Kedungjati, lalu menuju ke Stasiun Ambarawa. Menurut Ella,KA yang akan melalui jalur Semarang-Ambarawa itu akan lebih difokuskan untuk daya pendukung utama pengembangan pariwisata.

“Sangat tidak memungkinkan lagi apabila para wisatawan harus ke Kabupaten Semarang menggunakan bus, karena butuh waktu lama yang membuat mereka tidak nyaman,”jelas Ella. Dia menjelaskan,sesuai dengan MoU maka pembiayaan untuk menghidupkan jalur tersebut yakni dari Pemprov Jateng dan Pemerintah Pusat.PT KAI dalam proyek ini hanya sebagai operator kereta api. Terpisah, pakar transportasi Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno mengatakan, langkah menghidupkan kembali jalur Semarang-Kedungjati- Ambarawa dengan menelan dana sekitar Rp1,9 miliar dianggap tepat.

Hal itu karena jalur tersebut merupakan jalur paling potensial untuk kegiatan wisata berbasis sejarah. “Di sepanjang jalur tersebut, jejak rel KA masih dapat dilacak. Bangunan stasiunnya pun masih utuh meskipun sudah mengalami kerusakan,”jelasnya.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *