.

Lomba Penghijauan & Konservasi Alam, Sambut HUT ke-67 RI


Dalam rangka merangsang dan memotivasi seluruh komponen masyarakat dalam upaya merehabilitasi dan konservasi sumberdaya alam, Pemkot Semarang melalui Dinas Pertanian mengadakan Lomba Penghijauan & Konservasi Alam. Lomba ini juga diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian menyemarakkan HUT ke-67 RI di tingkat Kota Semarang.
Lomba ini diikuti 16 lurah perwakilan dari 16 kecamatan se-Kota Semarang yang dinilai memiliki prestasi dalam upaya rehabilitasi dan konservasi sumberdaya alam. Sejumlah kriteria pun ditetapkan oleh panitia lomba. Diantaranya, lurah yang diajukan telah melakukan kegiatan rehabilitasi lahan/ hutan dan konservasi sumber daya alam di wilayahnya.
“Selain itu, lurah yang bersangkutan juga harus memiliki komitmen tinggi terhadap pembangunan kehutanan sekaligus mampu menggerakkan mayarakat untuk melakukan hal yang sama” ungkap Drs. Agus Wahyudi, Kabid Perkebunan dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Semarang selaku ketua tim penilai lomba.
Lebih lanjut, Agus menambahkan bahwa para lurah peserta lomba terbatas bagi mereka yang belum pernah menjadi pemenang lomba penghijauan dan konservasi alam wana lestari maupun lingkungan hidup tingkat kota. Atau bagi lurah yang pernah menjadi juara tingkat kota baru boleh mengikuti lomba minimal setelah 3 tahun dari waktu menjuarai lomba sebelumnya.
Keenambelas lurah peserta lomba akan dinilai tim penilai melalui klarifikasi data administrasi dan pengecekan langsung lokasi kelurahan. Pada proses penilaian ini sejumlah kriteria penilaian yang dicermati diantaranya aspek kelembagaan, aspek perencanaan dan sumber pendanaan, aspek peningkatan ketrampilan dan penguatan usaha, aspek aktivitas nyata, serta aspek prestasi desa dalam bidang konservasi lahan/ kehutanan. Tim penilai juga melakukan kroscek langsung antara data administrasi yang diserahkan dengan kondisi lingkungan serta dokumentasi kegiatan yang telah dilakukan.
Penilaian lomba penghijauan dan konservasi alam ini dilakukan oleh Tim Penilai yang merupakan gabungan dari sejumlah SKPD diantaranya Dinas Pertanian, Badan Lingkungan Hidup, Bagian Tata Pemerintahan, serta Bagian Umum dan Protokol.
Masing-masing pemenang lomba terbaik I s/d III akan menerima piala, piagam penghargaan, serta satu ekor kambing. Pengumuman pemenang dan hadiah lomba rencananya akan diumumkan dan diserahkan pada upacara peringatan HUT ke-67 RI Kota Semarang oleh Plt. Walikota Semarang, Jumat(17/8) mendatang.
Plt. Walikota sangat mengapresiasi lomba penghijauan dan konservasi alam ini. “Saya berharap kegiatan ini sekaligus dapat mengedukasi dan menggerakkan warga masyarakat terkait arti penting penghijauan dan konservasi alam,” ungkap Plt. Walikota.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *