.

Kota Lama Semarang Jadi Kawasan Car Free Night and Day

Gereja Blenduk
SEMARANG – Program Car Free Night and Day (CFND) Pemkot Semarang ke depan diselenggarakan di lokasi baru sepanjang jalan Letjen Suprapto Kawasan Kota Lama, Semarang.
Kegiatan yang sebelumnya berlangsung di Jalan Pemuda dan Pahlawan itu, akan diresmikan bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup, Sabtu (16/6) dengan mengangkat tema ‘Ubah Perilaku dan Pola Konsumsi’.
Kepala BLH Kota Semarang, Trijoto Sardjoko mengatakan pemindahan kegiatan tersebut dilakukan untuk memberdayakan ruang publik, dukungan kelestarian lingkungan dan semakin mengenali bangunan sejarah yang perlu dilestarikan.
“Kawasan heritage perlu mendapat perhatian bahkan pemanfaatan sehingga semakin hidup dengan berbagai aktivitas tanpa mengurangi upaya untuk melestarikan nilai sejarah bangunanya,” ujarnya, Kamis (13/6/2013).
Menurutnya, CFND akan berlangsung di sepanjang jalan Letjen Suprapto mulai dari perempatan jalan itu hingga Jembatan Berok, Kawasan Kota Lama yang selama ini di bawah tanggung jawab Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L)

Kegiatan itu, lanjutnya, setiap akhir pekan akan menutup akses jalan untuk sementara di mulai pukul 18.00-23.00 WIB pada Sabtu dan pukul 05.00 -10.00 WIB setiap pada Minggu.
Peresmian penggunaan kawasan baru CFND nanti, rencananya akan ditandai dengan kegiatan sepeda bersama jajaran Pemkot Semarang, komunitas sepeda dan masyarakat umum yang akan bersepeda mulai dari Halaman Balaikota menuju kawasan Kota Lama dan berhenti di Gereja Blenduk.
Kegiatan juga akan dimeriahkan berbagai pameran eco-creative serta aneka lomba pada hari Minggu(16/6), diantaranya lomba secara gratis meliputi menggambar (SD), membuat poster (SMP) dan lomba foto (SMA/SMK) dengan total hadiah Rp16,8 juta.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *