.

Julukan - Julukan Kota Semarang

Kota Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah, dan termasuk sebagai kota metropolitan di Indonesia sekaligus menjadi kota terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Bandung dan Medan. Selain menjadi Ibukota Jawa Tengah, Kota Semarang memiliki keberagaman dan keunikan tersendiri sehingga beragam pula julukan yang diberikan. Julukan tersebut juga merupakan sebagai sebuah identitas diri yang mencerminkan sebuah kota tersebut. Beberapanya antara lain :

1. Kota ATLAS.
Semarang memiliki semboyan Kota Atlas kepanjangan dari Aman, Tertib, Lancar, Asri dan Sehat. Sebagai selogan pemelihara keindahan kota yang terkenal pada tahun 1990-an pada era Walikota Sutrisno Suharto. ATLAS sendiri bermakna :
* Aman : Bebas dari segala tekanan dan gangguan keamanan dan ketertiban dan ketentraman.
* Tertib : Kehidupan yang tertib di segala bidang termasuk lalu lintas.
* Lancar : Lancar dalam hal pelayanan kepada publik termasuk dalam hal kelancaran lalu lintas.
* Asri : Memiliki pengertian lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman.
* Sehat : Memiliki pengertian tercapainya kehidupan masyarakat sehat jasmani dan sehat rohani.

2. Kota Lumpia
Lumpia adalah makanan khas Semarang yang merupakan hasil dari dua alkuturasi atau perpaduan budaya yaitu budaya Tiongkok dan Jawa dengan citra rasa yang sudah terkenal diseluruh Nusantara, sehingga kota Semarang pun mendapat julukan Kota Lumpia.

3. Kota Jamu
Selain dikenal sebagai surga kulinernya, Semarang juga merupakan kota penghasil jamu atau obat herbal. Banyak perusahaan jamu yang berdiri di kota ini, baik skala kecil hingga besar seperti Jago yang merupakan perusahaan jamu tertua di Indonesia dan Sido Muncul perusahaan jamu terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, Kota Semarang juga terdapat museum jamu yakni Jago dan Nyonya Meneer.

4. Venice Van Java
Julukan ini diberikan karena Kota Semarang terdapat banyak sungai dan kanal yang melintasi tengah kota seperti di Venesia-Italia. Apalagi dimasa kependudukan Belanda, sungai atau kanal merupakan salah satu sarana transportasi yang diandalkan.

5. The Port of Java
Untuk kepentingan  pemasaran pariwisata, pemerintah kota semarang memberikan julukan The Port of Java "Pelabuhan-nya Jawa". Hal tersebut sebagai upaya pencitraan Kota Semarang sebagai pusat pelabuhan di Pulau Jawa dengan Tanjung Emas-nya. Apalagi dijaman dahulu, Kota Semarang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Nusantara yang sangat ramai.

6. Beauty of Asia
Pada tahun 2007, Kota Semarang memiliki sebutan baru yakni Beauty of Asia yang diperkenalkan berbarengan dengan program pariwisata Semarang Pesona Asia (SPA). Sebutan ini berdasarkan Kota Semarang memiliki keindahan baik alam maupun budayanya.

7. Outstadt atau Little Netherland
Dengan banyaknya bangunan kuno peninggalan jaman Belanda yang bercirikan atau bergaya bangunan khas Belanda maupun Eropa yang masih berdiri kokoh, Kota Semarang mendapat julukan sebagai Belanda kecil atau Little Netherland (outstadt) khususnya kawasan Kota Lama.

Selain julukan yang telah dijelaskan diatas, Kota Semarang juga memiliki julukan lain seperti Kota Merah, Kota Genangan, Kota Kenangan, dan Kota Multikultural karena Kota Semarang terdiri dari berbagai macam etnis dan kultur yang hidup berdampingan secara harmonis.

Referensi : dari berbagai sumber [edited]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *