.

Profil Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang
Universitas Negeri Semarang (UNNES) adalah perguruan tinggi negeri yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional untuk melaksanakan pendidikan akademik dan profesional dalam sejumlah disiplin ilmu, teknologi, olah raga, seni, dan budaya. UNNES telah berdiri sejak tahun 1965 di kota Semarang, kota tua yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Tengah. Dengan tujuh fakultas dan satu program pascasarjana, saat ini UNNES mendidik tidak kurang dari 22.000 mahasiswa yang tersebar dalam jenjang program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Pada tahun 2020 nanti,  UNNES akan menjadi universitas konservasi, bertaraf internasional, yang sehat, unggul, dan sejahtera. [http://unnes.ac.id/]

Tentang UNNES

Sebutan : UNNES
Visi : UNNES sebagai universitas konservasi, bertaraf internasional, yang sehat, unggul, dan sejahtera pada tahun 2020
Semboyan : Sutera (Sehat, Unggul, Sejahtera)
Berdiri : tahun 1965
Status : Negeri
Rektor : Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum
Lokasi : Semarang, Jawa Tengah
Prestasi : - Peringkat 3 Universitas Terhijau di Indonesia (UI Green Matrics)

Sejarah UNNES

Sejarah perkembangan Universitas Negeri Semarang yang sebelumnya bernama IKIP Semarang telah dimulai dengan berdirinya berbagai lembaga pendidikan guru di atas SMTA. Lembaga-lembaga pendidikan guru tersebut adalah: Middelbaar Onderwijzer A Cursus (MO-A) dan Middelbaar Onderwijzer B Cursus (MO-B). Keduanya merupakan lembaga pendidikan yang disiapkan oleh Pemerintah Kolonial Belanda yang bertujuan untuk menyiapkan guru-guru SMTP dan SMTA. Kursus MO-A dan MO-B diselenggarakan di Semarang sampai dengan tahun 1950. Pada tahun 1950, Kursus MO-A dijadikan Kursus B-I dan Kursus MO-B dijadikan Kursus B-II yang diselenggarakan sampai dengan tahun 1960.
Selanjutnya perkembangan Unnes dapat dilihat dari tahapan-tahapan sebagai berikut :
* Periode 1960-1963: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Sekolah Tinggi Olahraga (STO)
Pada tahun 1960, Kursus B-I dan Kursus B-II diintegrasikan ke dalam Universitas Diponegoro menjadi sebuah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Pada tahun 1963, Jurusan Pendidikan Jasmani yang semula bagian dari Kursus B-II dipisah menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) yang berdiri sendiri di bawah Departemen Olahraga.
* Periode 1963-1965: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta cabang Semarang
Pada tahun 1963 dikeluarkan Keputusan Presiden untuk pendirian IKIP sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan. pada saat itu hanya ada empat IKIP yaitu di Jakarta, Bandung, Malang dan Yogyakarta. FKIP Undip yang dinilai belum mampu untuk berdiri sendiri ditetapkan menjadi IKIP Yogyakarta cabang Semarang.
* Periode 1965-1999: IKIP Semarang
IKIP Yogyakarta cabang Semarang berkembang dengan pesat. Agar perkembangannya lebih terarah pada masa mendatang, sambil menunggu Keputusan Presiden, Menteri PTIP menerbitkan Keputusan Menteri PTIP No. 40 tahun 1965 tanggal 8 Maret 1965, yang menetapkan IKIP Yogyakarta cabang Semarang menjadi IKIP Semarang yang terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Sastra dan Seni, dan Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta, dan Fakultas Keguruan Teknik. Pada tahun 1977 program pendidikan guru olahraga kembali lagi ke dalam induknya dalam wadah baru yang disebut Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan (FKIK).
* Periode 1999 s/d sekarang: Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Dengan terbitnya Keputusan presiden Nomer 124 Tahun 1999 tentang perubahan IKIP Semarang, Bandung dan Medan menjadi universitas, IKIP Semarang kemudian bernama Universitas Negeri Semarang yang disingkat Unnes. Pada tahun 2000 nama-nama fakultas di lingkungan Unnes berubah menjadi: Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan Program Pascasarjana. Pada tahun 2006 berdirilah Fakultas Ekonomi, setahun kemudian dibentuklah Fakultas Hukum Unnes, berdirinya kedua fakultas baru ini merupakan konsekuensi menjadi universitas.

Fakultas UNNES

UNNES SUTERA
Universitas Negeri Semarang terdiri dari 8 fakultas dan terdiri dari berbagai program studi mulai dari Diploma (D3), Sarjana (S1)/setara, Magister (S2), Doktor (S3), dan program pendidikan profesi, serta progam pendidikan profesi guru (PPG). Berikut fakultas yang terdapat di UNNES :

Lokasi UNNES

Universitas Negeri Semarang memiliki kampus yang tersebar di beberapa lokasi baik didalam maupun diluar Kota Semarang. Kampus Unnes tersebar sebagai berikut :
* Kampus Sekaran (Gunungpati), merupakan kampus UNNES utama sebagai kegiatan perkuliahan untuk D3 dan S1, kecuali PGSD. Di Kampus Sekaran juga terdiri dari Gedung Rektorat, perpustakan UNNES, asrama, stadion, serta pusat administrasi universitas.
* Kampus Kelud (Sampangan), untuk program Pascasarjana
* Kampus PGSD, Ngaliyan Semarang. Untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari Jawa Tengah bagian timur
* Kampus PGSD, Kemandungan Tegal. Untuk mahasiswa PGSD yang berasal dari Jawa Tengah bagian barat

Universitas Negeri Semarang
UPT Pusat Humas Gedung H Lantai 2
Kampus Sekaran Gunungpati Semarang
Telepon : (024) 8508093
E-mail : humas@mail.unnes.ac.id
Website : http://unnes.ac.id/

9 komentar

Klik untuk komentar
10 August 2016 at 14:16 ×

Artikel ini sangat menarik. Terimakasih telah berbagi informasi. Informasi ini sangat membantu

ST3 Telkom

Balas
avatar
Adel Jopong
admin
10 August 2016 at 14:59 ×

Thanks for your post really helped me awaited other stuff ..



ST3 Telkom

Balas
avatar
Adel Jopong
admin
11 August 2016 at 08:47 ×

Thanks for your post really helped me awaited other stuff ..



ST3 Telkom


Balas
avatar
11 August 2016 at 09:03 ×

Saya menyukai artikel anda, terima kasih


ST3 Telkom

Balas
avatar
zelvia dwi
admin
11 August 2016 at 10:31 ×

Thanks you for share and interesting ..

ST3 Telkom

Balas
avatar
Adel Jopong
admin
11 August 2016 at 14:53 ×

Thanks for your post really helped me awaited other stuff ..



ST3 Telkom


Balas
avatar
Sri Murtini
admin
24 August 2016 at 08:51 ×

wiih keren dan menarik sekali.. thanks for sharing . nice post

ST3 Telkom

Balas
avatar
Sri Murtini
admin
25 August 2016 at 10:38 ×

menarik sekali thanks for sharing . nice post

ST3 Telkom

Balas
avatar
21 September 2016 at 13:04 ×

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS DANA GAIB

Balas
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *