.

Peta 3D Kota Semarang, Media Promosi Canggih



24 Mei 2012

SEMARANG, suaramerdeka.com - Forumer Skycrapercity.com regional Semarang bekerja sama dengan program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Arsitektur dan Desain Unika Soegijapranata dan Apkomindo Jateng akan menggelar talk show bertema ''Batem Ap Semarang di Peta (3D) Dunia'', Senin (28/5) di Gedung Thomas Aquinas Jl Pawiyatan Luhur Bendan Dhuwur.


Bayu Widiantoro, staf pengajar DKV Unika Soegijapranata mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak acara workshop pembuatan modelling 3D 100 gedung di Kota Semarang untuk media online Google Earth.
Workshop ini berlangsung satu bulan dengan melibatkan sekitar 25 mahasiswa dan dosen. Beberapa kategori bangunan yang disajikan antara lain commercial building, heritage building dan ikonik building.
''Nantinya secara virtual, dimanapun kita berada bisa seperti berjalan-jalan menyusuri kota dan menikmati streetscape Kota Semarang,'' katanya, Kamis (24/5).
Google Earth sendiri, adalah software layanan gratis yang disediakan Google untuk memfasilitasi pemetaan udara via citra satelit. Adapun salah satu fitur yang ditawarkan adalah memfasilitasi partisipasi publik dalam pembuatan modelling 3D, dan dapat diakses secara gratis. Dengan adanya program ini, lanjutnya, bisa menjadi media promosi bagi Kota Semarang terutama di bidang investasi, bisnis dan pariwisata.
''Melalui 3D Google Earth, kita seperti bisa menjinjing Semarang yang sesungguhnya dalam gadget. Siapa saja, entah itu akademisi, profesional, maupun masyarakat bisa memasarkan Kota Semarang secara partisipatif. Hal ini bagian dari kemajuan teknologi IT saat ini,'' katanya.
Kota Semarang memiliki lanskap yang lengkap, alam perbukitan, lautan, perdesaan, serta bangunan cagar budaya berdampingan dengan cantiknya skyline metropolis dan sangat harmonis. Keuinggulan ini, tidak banyak dimiliki kota besar lainnya.
Pada kegiatan itu akan hadir pembicara Kabid Penataan dan Pemanfaatan Bangunan Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) Kota Semarang M Irwansyah, Pemerhati Kota Semarang Arwin Purnama Jati, dan Arsitek YB Murtijoso.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *