.

Jateng Park, Taman Satwa Terbesar se-Asia


01 Juni 2012

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah akhirnya menyerahkan proyek pembangunan Taman Satwa Jateng Park di Hutan Penggaron, Kabupaten Semarang kepada Kementrian Kehutanan. Hal ini karena dana yang dibutuhkan sangat besar, yakni mencapai Rp 2 triliun 
Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo menyatakan, sekarang proyek itu telah resmi diambil alih oleh Kemenhut. Jateng Park yang akan dibangun pada lahan seluasa 500 hektar itu akan menjadi taman satwa terbesar di Asia. "Sudah diambil alih menhut, yang mencari investor juga beliau, yang mengorganisir dana juga beliau, kami hanya kanggonan saja dengan lahan milik Perhutani. Saya tidak mampu untuk mencari dana segitu besar, targetnya 1-2 triliun," katanya, Jumat (1/6).
Bibit menjelaskan, Jateng Park membutuhkan dana sangat besar, yakni antara Rp 1 triliun dan Rp 2 triliun. Oleh karena itu investor yang ditunjuk nanti tidak sembarangan. Investor itu harus mampu menjamin bisa menggarap proyek yang akan menjadi kebanggaan rakyat Jateng bahkan Indonesia. "Saya bangga dan senang mudah-mudahan segera terelaisir. Semoga sebelum 2014 sebelum bubarnya Kabinet Indonesia Bersatu II barangnya (Jateng Park-red) sudah selesai," tandasnya.
Sementara mengenai kesempatan PT Botan Rahardjo Properindo untuk menjadi investor pembangunan Jateng Park menurut Bibit  sudah ditolak oleh Menteri Kehutanan. Menhut telah memberikan klarifikasi bahwa dengan modal sebesar Rp 90 miliar yang dimiliki oleh PT Botan tak akan cukup untuk membangun proyek besar tersebut.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *