.

Kirab Budaya Dugder 2012

Tradisi tahunan Kota Semarang menyambut datangnya bulan puasa, "Dugderan" akan kembali digelar pada Kamis, 19 Juli 2012. Dugderan dengan tema "Kirab Dugder 2012" kali ini, akan memunculkan potensi seni dan budaya lokal serta destinasi wisata 16 kecamatan di Kota Semarang.



Pada Karnaval dan Kirab Budaya Dugder 2012 ini terdiri dari 3 pasukan yakni pasukan jalan kaki, pasukan naik kereta kencana dan bendi hias, dan pasukan mobil hias bertema warak dan destinasi wisata juga akan menyemarakkan acara khas Semarangan ini. Rombongan karnaval akan melalui rute Jl. Pemuda-Jl. Gajahmada-Jl. A. Yani, sedangkan rombongan kirab Dugder yang terdiri dari bendi hias akan menuju Masjid Kauman dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).
            Kirab akan dimulai pukul 12.15 WIB dari Halaman Balaikota Semarang  menuju Masjid Kauman. Selanjutnya, di Masjid Kauman, akan dilaksanakan prosesi pembacaan skukuf halaqah, pemukulan bedug dan bom udara serta pembagian makanan khas Semarang Ganjel Rel dan air khataman Qur’an. Usai prosesi di masji Kauman, rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju MAJT. Pemukulan bedug dan meriam juga akan dilakukan di MAJT.
Masih dalam rangkaian Kirab Budaya Dugder 2012, pagi harinya, bertempat di Lapangan Simpang Lima juga akan diselenggarakan karnaval dan atraksi budaya pelajar tingkat TK, SD/MI dan SMP/ Mts. Peserta kirab budaya akan melalui rute Lapangan Simpang Lima- Jl. Pahlawan- belok di bundaran Jl. Pahlawan dan finish di depan SMAN 1 Semarang.
Selama prosesi, akan dilakukan penutupan jalan-jalan yang dilalui peserta karnaval dan kirab Dugder 2012. Kamis(19/7) pagi mulai pukul 05.30-10.00 WIB kawasan Simpang Lima, Jl. Pahlawan akan ditutup untuk kelancaran peserta karnaval. Sedangkan pada pukul 11.00-16.00, giliran Jl. Pemuda-Jl. Gajahmada dan Jl. A. Yani akan ditutup guna karnaval Dugder. [semarang.go.id]

Sebagai panduan wisata Kota Semarang, Lihat dan download Semartpad disini

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *