Sabtu, 04 Agustus 2012

Acalypha indica, Tumbuhan Kesukaan Kucing

Tumbuhan dengan nama latin acalypha indica ini banyak tumbuh secara liar di indonesia. Dia mampu tumbuh dimana saja, di pinggir jalan, lapangan rumput, halaman rumah, maupun di lereng bukit. Biasa disebut dengan “kucing- kucingan”, “kucing galak”, “cakar kucing”, “akar kucing”, atau juga sering disebut “anting-anting”. Kenapa banyak orang menghubungkan tumbuhan ini dengan “kucing”? Karena ternyata memang tumbuhan memiliki akar yang sangat disukai oleh hewan ini.

Perlu diketahui, hewan karnivora terkadang memiliki masalah dengan pencernaan. Seperti manusia yang malas makan sayur, semua makhluk yang makan selain tumbuh-tumbuhan, akan bermasalah dengan perutnya. Hal itu sangat jarang terjadi pada hewan herbivora ataupun yang vegetarian. Pencernaan mereka lancar dan kegemukan jarang melanda mereka. Karena itu, beberapa hewan karnivora memiliki insting untuk membuat perutnya menjadi enak. Maka, mereka pun mencari obat alami yang dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Nah, acalypha atau akar kucing, merupakan salah satu herba yang terpilih. Kandungan zat yang ada di akarnya, ternyata mampu membuat pencernaan kucing menjadi lancar. Buang air besar pun jadi nyaman.



Selain itu ternyata banyak sekali khasiat lain dari tumbuhan ini. Daun, batang dan akar mengandung saponin dan tanin. Batangnya juga mengandung flavonoida dan daunnya mengandung minyak asiri. Juga berdasarkan penelitian yang terdapat pada jurnal agriculture food chemical, pada tumbuhan ini ditemukan senyawa fenol dan flavanoid. Senyawa fenol bersifat antibakteri, anti radang dan aktif dapat menghilangkan rasa sakit setempat, mencegah bahkan menyembuhkan rematik artritis. Senyawa flavanoid bersifat
antioksidan, yang dipercaya dapat menghambat pembentukan asam urat.

daftar khasiat:
daftar khasiat acalypha indica :
- antiradang
- antibiotik
- anak dengan berat badan rendah (malnutrisi),
- gangguna pencernaan makanan (dispepsi),
- perdarahan, seperti mimisan (epistaksis), muntah darah (hematemesis),
berak darah (melena), kencing darah (hematuria),
- peluruh kencing
- asam urat
- asma, bronkitis dan batuk
- rematik
- obat luka, bisul, dan bengkak
- darah tinggi / hypertensi
- disentri basiler, diesentri amuba, diare
- susah buang air besar (sembelit)


by klikunic.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar