.

Perayaan Besar Sam Poo ke-607


Perayaan hari kedatangan Kongco Sam Poo Tay Djien atau oleh masyarakat Tionghoa disebut perayaan Sam Poo Besar Ke-607 akan kembali digelar pada 16 Agustus 2012. Namun, berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, untuk kali ini tidak dilakukan kirab jalan kaki dari  Kelenteng Tay Kak Sie, Jalan Gang Lombok ke Kelenteng Gedung Batu, Jalan Simongan, tetapi rombongan menggunakan 14 truk.




Perayaan akan dimulai pada 15 Agustus pukul 19.00 dengan sembahyang dan pembacaan kitab suci. Kemudian dilakukan penyalaan lilin setinggi 5,5 meter yang akan menyala selama setahun ke depan. Setelah penyalaan lilin gelar hiburan kesenian barongsai dan liong di atas replika Kapal Ceng Ho. Beberapa grup barongsai terkenal di kota Semarang akan meramaikan pertunjukan pada malam tersebut.

Kemudian pada pukul 00.00 Cia Locu (Komandan) Sam Poo Tay Djien, Yoe Yoe Hok dan Hu Locu (Wakil Komandan) Yakob akan membawa abu Kongco Sam Po Tay Djien menuju kelenteng Sam Poo Kong. Pada jam yang sama di Kelenteng Tay Kak Sie juga dilakukan ritual meletakkan Kongco Sam Po Tay Djien kedalam Kio atau tandu. Tepat pukul 06.00 Kongco Sam Poo Tay Djien diarak dengan menggunakan 14 truk menuju Kelenteng Sam Poo Kong.

Di Kelenteng Sam Po Kong Kongco Sampo Tay Djien akan ditempatkan berhadapan dengan Kongco Sampo Tay Djien. Setelah itu, tepat pukul 13.00 dari Kelenteng Sam Poo Kong, Kongco Sam Poo Tay Djien dan rombongan kembali keu Kelenteng Tay Kak Sie dengan menggunakan truk. Sesampai di pintu masuk kawasan Pecinan Kongco baru diarak jalan kaki melewati tujuh kelenteng yang ada di Pecinan.

sumber : Suara Merdeka

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *