.

Sobokartti Dilirik Belanda

Pemugaran Hampir Selesai


SEMARANG, suaramerdeka.com - Gedung Cagar Budaya Sobokartti dilirik biro wisata dari Belanda.         Hal itu diungkapkan Ketua Gedung Budaya dan Perkumpulan Seni Budaya Sobokartti Tjahjono Rahardjo saat dihubungi Minggu (5/8). 

Dia menuturkan, beberapa kali perwakilan biro wisata tersebut datang ke tempatnya yang berada di Jalan Dr Cipto itu untuk melihat secara langsung kondisi gedung. 

”Biro wisata ini khusus menangani perjalanan wisata ke beberapa tempat yang memiliki arsitektur kolonial. Jadi selain ke Sobokartti dan Semarang, mereka juga mengadakan kunjungan ke beberapa kota lain,” jelas Tjahjono.

Lebih lanjut, pria yang mengajar di Unika Soegijapranata itu menegaskan pihaknya siap untuk menyambut para wisatawan itu. Terlebih, kondisi Sobokartti yang dibangun ratusan tahun lalu itu saat ini tengah dipercantik. Setelah konservasi gedung oleh BP3 Jateng dan DIY selesai tahun lalu, sekarang dilakukan pemugaran di bagian depan.
Ada tiga pekerjaan yang masih berlangsung. Ketiganya yakni pembuatan paseban, pemasangan identitas, dan pembangunan pagar. Pekerjaan-pekerjaan itu sendiri diharap selesai bulan depan.

Terkendala Banjir

”Paseban yang berbentuk joglo itu berada di bagian luar dengan permukaan tanah yang lebih tinggi dari gedung. Kami memproyeksikan tempat itu sebagai alternatif tempat seandainya gedung direndam banjir,” jelas Tjahjono.
Dia mengakui, banjir masih menjadi kendala utama dalam pemaksimalan Sobokartti. Pihaknya sudah berupaya tapi air masih tetap menggenangi lantai terutama saat musim hujan datang. Selain itu, kelengkapan fasilitas di tepat itu juga dinilai masih kurang.

Beberapa waktu lalu, rombongan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas tersebut, Nurjanah, mengunjungi Sobokartti. Mereka menyinggung soal fasilitas kamar mandi yang belum memadai.
Nurjanah juga mengatakan, dinas yang dipimpinnya akan membantu mempromosikan Sobokartti sebagai salah satu tujuan wisata di Semarang. Beberapa waktu lalu, dia mengungkapkan setidaknya ada empat tujuan wisata baru yang akan diangkat di Semarang. 

Sobokartti sendiri diharap bisa menjadi tempat di mana para wisatawan bisa menikmati pertunjukan tradisi seperti tari dan lainnya. 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *