.

Proyek Normalisasi Banjir Kanal Barat Semarang


Proyek normalisasi sungai Kaligarang dan Banjir kanal Barat Semarang merupakan satu paket megaproyek penanggulangan banjir di Kota Semarang bersama dengan pembangunan waduk Jatibarang dan pembenahan drainase. Pengerjaan proyek BKB ini dimulai pada tahun  2010 dan ditargetkan selesai pada 2013. Proyek yang mendapat pinjaman dari JBIC ini menelan biaya sebesar Rp 288 miliarNormalisasi sungai sepanjang sekitar 9,2 Km, dari Sungai Kaligarang, Tugu Suharto hingga muara laut ini juga akan dilengkapi dengan sarana wisata dan olahraga.

Grand Design BKB







Sepanjang kanan-kiri sungai banjir kanal barat ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas jogging track sepanjang 7,3 km dengan lebar 3 meter. Ada juga panggung teater dengan pelataran terbuka dan dibuat trap berundak disebelah utara jembatan Banjir Kanal Barat yang bisa digunakan untuk tempat kegiatan hiburan dan kesenian. Di muara Banjir kanal Barat yang kini terdapat monumen ketenangan jiwa (Japanese Memorial Park) juga bakal dibuat sebuah taman.
Selain itu, juga akan dibuat wisata air dan olahraga air seperti ski air, dayung, kano, dan macam-macam. Pengelolaan Sungai Banjirkanal Barat untuk wisata air tersebut, akan dioptimalkan pada 2014 dan diproyeksikan sebagai loka wisata air di kota Semarang.
  • Fasilitas jogging track dan panggung teater plus jembatan Lemah Gempal


Diharapkan dengan selesainya paket penanganan banjir waduk Jatibarang dan normalisasi Sungai Banjir Kanal Barat ini, banjir dan rob di Kota Semarang dapat teratasi. Selain itu juga menjadi destinasi wisata yang menarik.


Banjir Kanal Barat Semarang (selesai 2013)




Visit Semarang Skyscrapercity

3 komentar

Klik untuk komentar
24 February 2013 at 21:05 ×

kalau udah bagus jangan lupa harus ada perawatan yang mana membutuhkan dana yang tidak sedikit

Balas
avatar
Van Pamboedi
admin
24 February 2013 at 21:43 ×

Ya, betul. kebanyakan pintar membangun tapi tidak bisa merawat..
terima kasih sarannya :)

Balas
avatar
Van Pamboedi
admin
24 February 2013 at 22:08 ×

Dan yang perlu diingat adalah bukan hanya pemerintah yang harus menjaga dan merawatnya tapi masyarakat bersama..

Balas
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *