.

Proyek Pedestrian dan Jalur Sepeda Kota Semarang

Dalam rangka penataan wajah kota dan menjadikan Kota Semarang sebagai kota nyaman pejalan kaki, Pemerintah Kota Semarang mewujudkan proyek penataan kota dengan menata kawasan pusat kota dan di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Semarang. Penataan wajah Kota Semarang dengan peningkatan sarana infrastruktur dilakukan dengan membangun jalur hijau, penerangan, dan pembangunan trotoar untuk pedestrian serta pembuatan jalur khusus sepeda.

Desain Pedestrian
konsep pedestrian
Pengerjaan proyek pedestrian ini dilakukan di sejumlah jalan protokol di Kota Semarang yakni di Kawasan Simpang Lima, Taman KB, Jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Seputaran Tugu Muda, Jalan Pemuda, Jalan Gajah Mada, Jalan Depok, Jalan M.H Thamrin, Jalan Ahmad Yani, dan Jalan Imam Barjo dengan menggunakan keramik tegel unpolis dan batu alam. Pedestrian selebar 2 hingga 5 meter (sesuai kondisi lokasi) ini nantinya juga akan dilengkapi jalur hijau, penerangan, dan jalur bagi para difabel. Di kawasan Taman KB dan Simpang Lima juga terdapat shelter bagi PKL.


Hingga awal Tahun 2013, proyek pedestrian yang sudah selesai pengerjaannya yakni;
  • Kawasan Simpang Lima

  • Taman Menteri Supeno/KB
  • Jalan Pahlawan

  • Jalan Pandanaran
  • Seputaran Tugu Muda
  • Jalan Pemuda (Tugu Muda-Paragon City)

  • Jalan Imam Bardjo
  • Jalan Ahmad Yani

Proyek diatas dimulai pada Januari 2011 dan menelan biaya lebih dari Rp 30 Miliyar. Dilanjutkan dengan pembangunan pedestrian di ruas Jalan Gajah Mada (Kampung Kali-perempatan Jalan Pemuda), sisa Jalan Pemuda, Jalan M.H Thamrin, Jalan Depok, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Imam Barjo.

Jalur Sepeda 
Untuk jalur sepeda, ada 19 ruas jalan telah ditentukan untuk jalur sepeda, yakni Jalan Raya Mangkang, Kaligawe, Jenderal Sudirman, Siliwangi, Soegijopranoto, Indraprasta, Imam Bonjol, Pemuda, Pandanaran, MT Haryono, Ahmad Yani, Brigjend Sudiarto, Dr Cipto, Gajahmada, MH Thamrin, Ronggowarsito, Diponegoro, Pahlawan dan Simpanglima.

Diharapkan proyek penataan kota tersebut dapat menambah kerapian dan keindahan kota dan Kota Semarang dapat menyandang predikat sebagai kota nyaman pejalan kaki sesuai dengan misinya.

5 komentar

Klik untuk komentar
yudi
admin
6 August 2013 at 09:38 ×

mau trotoar yang lebar..kalo ga ada yang jalan kaki.percuma..
harusnya lebih komprehensif how to make people walk..budayakan jalan kaki..

Balas
avatar
Van Pamboedi
admin
6 August 2013 at 10:08 ×

Nah itu yang harus dibudayakan. yang penting sudah ada sarananya tinggal bagaimana kita memanfaatkan. Diperlukan juga kesadaran masyarakat.

Balas
avatar
11 April 2015 at 20:51 ×

Langkah Pemkot membangun trotoar patutlah dihargai hal ini sesuai Pasal 25 ayat (1) huruf h UU LLAJ, akan ttp dalam pelaksanaan terdapat hal yang kurang tepat:

1. Mutu tegel guidance block (jalur pemandu) sangat rendah shg cepat rusak.(perlu pengawasan)
2. Penerapan konsep beda elevasi yg besar antara trotoar dengan jalan,dan asumsi pejalan kaki maks 2
orang spt foto trotoar Jl. Imam Barjo menjadikan trotoar hilang keindahan & kerapiannya, shg utk pindah
antar blok harus ngantre bila pejalan kakinya banyak.
3. Konsep tsb menjadikan trotoar mirip tanggul bila diterapkan pada trotoar yg tidak terlalu lebar serta
potongan ke jalan masuk rumah jadi curam, pengguna bisa terpeleset seperti saya alami di trotoar Jl.
Thamrin.
4. Trotoar seharusnya aman dan nyaman untuk para manula,difabel, ibu dengan kereta bayi, & bebas
halangan, spt Pot besar, tempat sampah,PKL, Pos Polisi, Halte dsb sesuai pasal 28 ayat (2)
UULLAJ & Pasal 34 ayat (3,4) PP Jalan.
5. Seyogyanya pembangunan trotoar dilaksanakan bersamaan dengan pembenahan saluran drainagenya,
Sayang sekali bila konsep no 2 tersebut masih diterapkan untuk pembangunan selanjutnya, & kami
sarankan studi banding kekota Bandung yg sedang membangun trotoar, dengan meninggalkan konsep
tsb. Terima kasih

Balas
avatar
3 May 2015 at 20:41 ×

setujuuuuh pak... =D

Balas
avatar
Jac Limlim
admin
17 October 2016 at 18:37 ×

mantap trotoarisasi jalur sepeda nya pak!

Balas
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *