.

Semarang Makin Metropolis


Delapan Hotel dan Dua Pusat Perbelanjaan Baru Siap Berdiri

SEMARANG, suaramerdeka.com - Delapan hotel dan dua pusat perbelanjaan baru siap berdiri. Tahun ini, wajah Kota Semarang bakal berubah. Setidaknya dengan beberapa bangunan anyar itu, kota ini bakal semakin metropolis.
”Untuk tahun ini kami sudah mengeluarkan izin pembangunan delapan hotel. Beberapa di antaranya ada di Jalan Imam Bonjol, A Yani, S Parman, dan MT Haryono. Selain itu, dua pusat perbelanjaan juga bakal berdiri. Yang pertama yakni pengembangan dari yang sudah ada di Jalan MT Haryono. Satu lagi akan dibangun pusat perbelanjaan baru di Jalan Setiabudi, Banyumanik,” ujar Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Sri Martini baru-baru ini.
Dia juga mengungkapkan, pihaknya telah menerima permohonan izin pembangunan pusat grosir di Bubakan. Meski demikian, pihaknya masih harus mempelajarinya terlebih dahulu sebelum menyetujui.
Maraknya investor yang datang ke Semarang disambut baik Akademisi dari Undip DR Ir Eddy Prianto CES DEA. Namun, dia mengingatkan, visi dan misi kota yang telah ditetapkan harus dijaga. Jangan sampai para investor yang masuk ke kota ini justru menjadi ancaman.
”Dalam hal penataan wajah kota, misalnya, jangan sampai tergantung di tangan investor. Kitalah yang mestinya menentukan wajah kota ini. Sementara investor merupakan rekan kerja untuk mewujudkannya,” ujar Eddy.
Lebih lanjut, dia menyayangkan kebijakan saat ini yang seolah tanpa perencanaan. Tiba-tiba saja di beberapa sudut kota didirikan gedung-gedung tinggi. Menurutnya, hal itu tidak bisa didiamkan saja. Pemerintah harus tegas menegakkan aturan yang dibuat menyangkut penataan kota. Harus ada semacam cetak biru seperti apa wajah kota di masa depan dan hal itulah yang harus dijaga.
Dia memberi contoh, di salah satu kota di Eropa yang pernah dikunjunginya, penataan kota lengkap dengan perkembangannya ke depan sudah diwujudkan dalam bentuk maket yang dipasang di balai kota setempat.
Dengan demikian, seluruh masyarakat bisa mengetahui seperti apa wujud kota yang mereka tinggali nanti. Jika ada pelanggaran terhadap rencana tersebut, mereka juga bisa mengetahuinya sendiri.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *