.

Peringkat Universitas Terfavorit di Indonesia Tahun 2015


Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa serta tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi. Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah pendidikan menengah menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan prestasi akademik. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui SNMPTN [Latar Belakang SNMPTN]. Berikut adalah  informasi 10 kampus favorit berdasarkan jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2014 :

1. Universitas Padjajaran (Unpad)
Berdiri pada 11 September 1957, sebenarnya Unpad lahir dari keinginan masyarakat Bandung untuk memiliki universitas negeri yang mampu menyelenggarakan pendidikan dari berbagai disiplin ilmu. Universitas yang terletak di kawasan Jatinangor, Sumedang ini, memiliki 16 fakultas. Tidak hanya dari Indonesia, Unpad juga diminati oleh para pelajar mancanegara. Tercatat pada 2013 lalu Unpad memiliki lebih dari 1.000 mahasiwa asing dan diminati lebih dari 72 ribu pendaftar pada SNMPTN 2014.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
Kampus ini merupakan universitas pertama yang didirikan oleh pemerintah Indonesia pascakemerdekaan, tepatnya pada 19 Desember 1949. Awalnya, UGM hanya memiliki enam fakultas. Kini UGM memiliki 18 fakultas, satu sekolah pascasarjana serta satu sekolah vokasi. UGM menjadi salah satu perguruan tinggi favorit dan pada SNMPTN 2014 diminati lebih dari 62 ribu pendaftar.

3. Universitas Sumatra Utara (USU)
Didirikan pada 4 Juni 1952, awalnya USU merupakan Yayasan Universitas Sumatera Utara. Pada 1957 status USU beralih menjadi PTN dan resmi menjadi PT-BHMN pada 2003. Universitas yang terletak di kota Medan ini memiliki 14 fakultas yang menjadi rebutan lebih dari 60 ribu pendaftar SNMPTN tahun lalu. USU pun menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari luar pulau Jawa yang menarik banyak peminat.

4. Universitas Diponegoro (Undip)
Awalnya Undip adalah perguruan tinggi swasta (PTS) bernama Universitas Semarang. Status sebagai PTN disandang Universitas Semarang pada 15 Oktober 1960. Presiden Soekarno menyematkan nama Universitas Diponegoro pada universitas yang terletak di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Dengan kekuatan 11 fakultas, Undip sedang mewujudkan visi 2020 sebagai universitas yang unggul dalam riset. Tahun kemarin jumlah pendaftar SNMPTN mencapai lebih dari 57 ribu siswa.

5. Universitas Brawijaya (UB)
Universitas ini lahir pada 5 Januari 1963. Peraih akreditasi A pada September 2014 ini memiliki 12 Fakultas, dua Program Pendidikan Setara Fakultas, satu Program Pendidikan Vokasi dan satu Program Pendidikan Pascasarjana. Kampus di Kota Malang tersebut merupakan salah satu perguruan tinggi faovorit di Indonesia yang diminti lebih dari 56 ribu pendaftar SNMPTN 2014.

6. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Unnes sebelumnya bernama IKIP Semarang. Sejak kelahirannya pada 1965, Unnes telah menjadi universitas konservasi baik bagi kelestarian alam maupun budaya luhur bangsa. Saat ini Unnes memiliki delapan fakultas untuk program sarjana, serta 27 program studi bagi mahasiswa pascasarjana. Pada SNMPTN 2014, Unnes dipilih lebih dari 51 ribu pendaftar.

7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
IKIP Bandung yang berdiri pada 20 Oktober 1954 adalah cikal bakal UPI. Dari lima fakultas, UPI kini memiliki tujuh fakultas, sekolah pascasarjana dan sekolah laboratorium. Peminat kampus di Kota Kembang tersebut lebih dari 49 ribu orang pada SNMPTN 2014.

8. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
UNS diresmikan pada 11 Maret 1976. Kampus ini merupakan gabungan dari berbagai perguruan tinggi di Kota Solo. Perguruan-perguruan tinggi tersebut pun kini menjadi fakultas di UNS. Tahun lalu, lebih dari 48 ribu pendaftar memilih UNS melalui jalur SNMPTN.

9. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
UNY merupakan pengembangan dari IKIP Yogyakarta yang telah berdiri sejak 21 Mei 1964. Universitas yang dijuluki The Green Campus ini telah menyatakan kesiapannya menuju World Class University sejak 2008 setelah kesebelas unit kerjanya memperoleh sertifikasi ISO. Tentu hal ini juga menjadi pertimbangan lebih dari sekitar 46 ribu calon mahasiswa mendaftar di UNY pada SNMPTN 2014.

10. Universitas Negeri Malang (UM)
UM sebenarnya berawal dari PTPG Malang yang berdiri sejak 1 September 1959. Kemudian PTPG Malang dijadikan IKIP Malang setelah sebelumnya sempat menjadi FKIP di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya. IKIP Malang kemudian baru ditetapkan menjadi UM pada 4 Agustus 1999. UM telah menjadi salah satu primadona pada SNMPTN 2014 lalu dengan jumlah pendaftar mencapai lebih dari 43 ribu.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *