.

Mega Proyek Modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas Semarang


Mega proyek modernisasi dan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang merupakan salah satu dari tiga proyek prioritas utama pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam mempercepat laju ekonomi dan mendukung pelaksanaan Visit Jateng 2013 selain pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang dan jalan tol Semarang-Solo. Proyek modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas ini juga termasuk dalam  MP3EI ( Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ) yang telah diprogramkan oleh pemerintah pusat. Pelabuhan yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 23 Nopember 1985 ini diproyeksikan menjadi setara dengan pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.

  • Peta pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas

Modernisasi pelabuhan terbesar ketiga di Indonesia ini, dilakukan  secara bertahap mulai tahun 2010 hingga 2014. Namun rencana pengembangannya akan berlanjut hingga tahun 2025 mendatang. Tiga tahapan modernisasi Pelabuhan Tanjung Emas terkait MP3EI yakni ;

  • Tahapan I pengerjaan fisik 2010-2011, adalah melakukan pengembangan Dermaga Pelabuhan Dalam seluas 3.000 meter persegi, meninggikan lahan konainer Pelabuhan Dalam seluas 28.000 meter persegi, areal depo kontainer eks gudang Nusantara 02 dan 03 seluas 9.000 meter persegi, serta meninggikan areal penumpukan barang seluas 2,7 hektare.
  • Tahapan II pengerjaan fisik 2011-2012 meninggikan lapangan penumpukan barang di Dermaga Samudera seluas 1,54 hektare, meninggikan Dermaga Samudera seluas 1,4 hektare dan membuat sistem polder guna mengatasi banjir rob di kawasan itu.
  • Tahapan III pekerjaan fisik 2012-2014, melakukan peninggian Dermaga Nusantara eks milik PLTU Tambaklorok seluas 1,15 hektare, meninggikan lapangan penumpukan Pelabuhan Dalam seluas 2 hektare, memperluas areal  Dermaga Pelabuhan Dalam menjadi 1,05 hektare dan melanjutkan pembangunan sistem polder.
Selain itu, juga dilakukan penambahan panjang dermaga sepanjang 105 x 25 meter dari dermaga eksisting 495 meter, sehingga ke depan panjang dermaga menjadi 600 meter yang ekuivalen melayani tiga  kapal sandar sekaligus.

Program Pembangunan Tahun 2015
- Membangun gudang besar untuk peningkatan pelayanan akan ditambah jadi 15 ribu hektar.
- Pembangunan di terminal curah baik kering atau curah cair. Terutama pembangunan ke arah barat yaitu sisi terminal Kali Baru barat dan Deli.
- Realisasi kereta api barang dari Tawang yang akan masuk ke pelabuhan.
- Renovasi terminal penumpang serta memperindah desain interior terminal, serta menambah fasilitas untuk kenyaman penumpang, dan membangun jalur pedestrian.
  • Citra satelit Pelabuhan Tanjung Emas


Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
Modernisasi dan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini dilakukan oleh pihak Pelindo III selaku pengelolan dengan mengalokasikan anggaran Rp 450 Miliyar. Modernisasi ini  sudah sangat mendesak dilakukan melihat kondisi pelabuhan seperti sekarang. Sebagai pintu gerbang Jawa. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang nantinya akan dilengkapi oleh beberapa fasilitas, yakni penambahan dan memodernisasi fasilitas peralatan bongkar muat seperti luffing crane container crane, rubber tyred gantry, top loader, side loader, head truck, dan forklift untuk memperkuat kegiatan bongkar dan muat peti kemas internasional. Bulan lalu pelabuhan ini juga kedatangan alat pendeteksi nuklir, Radiation Portal Monitor (RPM) hibah dari IAEA.

Pada 2013, rencananya akan dinambah peralatan bongkar muat senilai Rp 298 miliar yang meliputi dua unit container crane (CC), lima unit rubber tyred gantry (RTG), satu unit reach stacker (RS) dan 10 unit combined terminal tractor (CTT).  Selain itu juga akan dilengkapi fasilitas-fasilitas penunjang pelabuhan lainnya. Bahkan dulu ada wacana, di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas juga akan dibangun hotel berbintang dan pusat perbelanjaan. Apalagi pelabuhan ini sering disinggahi kapal pesiar luar negeri yang membawa wisatawan mancanegara yang ingin berwisata di Jawa Tengah.
Untuk terminal penumpang pelabuhan juga akan direnovasi pada tahun 2013 atau 2014. Berikut desain/ renderingnya :



Diharapkan pengerjaan modernisasi dan pengembangan Pelabuhan Tanjung Emas dapat selesai sesuai target dan dapat dioptimalkan sebagai pendukung pembangunan perekonomi dan juga mendukung pengembangan pariwisata di Jawa Tengah dengan statusnya sebagai pintu gerbang Jawa Tengah.


Progres Juli 2013



Formulir Kontak

Name

Email *

Message *