.

Upacara Adat "Sesaji Rewanda" 2012


"Sesaji Rewanda" merupakan upacara ritual tradisional yang diselenggarakan di Wisata Alam Goa Kreo Semarang setiap bulan Syawal tepatnya pada hari ketiga Syawal. Rangkaian kegiatan diawali dengan arak-arakan karnaval oleh warga Talun Kacang, Kandri, Gunungpati yang dimulai dari masjid disekitar lokasi wisata biasanya dari halaman Masjid Al Mabrur menuju pelataran lokasi wisata. 
Rencananya Upacara adat "Sesaji Rewanda" ini akan dilaksanakan pada tanggal 25 agustus 2012
 

Arak-arakan karnaval terdiri dari Manggolodo, pembawa spanduk, pembawa umbul-umbul 4 warnah (Merah, Putih, Kuning, Hitam), pembawa bunga manggar, pembawa kayu jati, para santri, pembawa tumpeng sesaji, pager ayu, pager bagus dan para penari gado-gado Semarang.


Sesampai di halaman Gua Kreo diadakan penyerahan tumpeng sesaji yang dilaksanakan oleh juru kunci kepada Rawenda (monyet-monyet penghuni Goa Kreo) baik yang masih hidup maupun yang sudah mati (leluhur/roh). Kemudian para santri naik kepuncak untuk melakukan tahlil bersama memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar para karyawan, masyarakat Talon Kacang, dan para pengunjung diberkahi keselamatan, panjang umur dan rejeki yang halal. Pentas seni budaya juga digelar dilokasi upacara.

2 komentar

Klik untuk komentar
Iqbal
admin
1 February 2015 at 09:26 ×

Sejarah nya nggak ada ya :( tapi bdw bermanfaat banget hehehe :D

Balas
avatar
1 February 2015 at 10:10 ×

Terima kasih..
Sejarah sesaji rewanda bisa dilihat disini mas http://www.kandri.org/tradisi/sesaji-rewanda/ :)

Balas
avatar

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *