.

Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang

semarangkota.go.id - Kota Semarang akan adakan upacara peringatan pertempuran lima hari di Semarang tahun 2012. Acara yang bersejarah bagi Kota Semarang itu akan dilaksanakan di bundaran Tugu Muda Semarang.
Untuk itu Pemkot akan melakukan penutupan jalan yang menuju Tugu Muda guna pelaksanaan gladi bersih upacara, Jumat (12/10) mulai pukul 18.00 hingga selesai, serta pada puncak acara, Minggu (14/10) pukul 17.00. Rute yang ditutup diantaranya jalan Pemuda, jalan Pandanaran, Jalan dr. Sutomo, Jl, Soegiyopranoto, dan jalan Imam bonjol.
“Karena jalan yang menuju Bundaran Tugu Muda akan ditutup total maka untuk warga dihimbau dapat mencari jalur alternatif lain untuk menghidari kemacetan,” tutur Kepala Disospora Tri Supriyanto.
Rencananya Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo akan bertindak sebagai Inspektur upacara. Sedangkan Peserta upacara diantaranya dari Akpol, Denpom, Yonif  400, Arhanud-15, Penerbad, Kodim 0733 BS, LANAL, Brimob, Polrestabes, juga dari pasukan non TNI Polri,diantaranya  FKPPI, PPM, Korpri, pelajar SMP-SMA, dan Pramuka yang berjumlah kurang lebih 2000 orang.
Dalam upacara tersebut akan dibacakan cukilan sejarah pertempuran lima hari di Semarang oleh Drs. Sukirno yang merupakan Budayawan Kota Semarang. Dilakukan pula renungan pertempuran dan prasetya Generasi muda dengan menampilkan adegan pertempuran oleh tim Fragmen yang diiringi lagu-lagu perjuangan.
Yang khas, untuk mengenang detik-detik pertempuran 5 hari Kota Semarang sirine dibunyikan selama 2 menit. Bersamaan dengan itu, seluruh lampu di seputar Tugu Muda dipadamkan dan diganti nyala obor. Bersamaan dengan itu pula, bunyi tembakan secara kombinasi diselingi ledakan-ledakan selama dua menit.
Untuk penembakan dan peledakan dilakukan di tiga titik, diantaranya penembakan tunggal disebelah utara Gereja Randusari, peledakan di Gedung Lawang Sewu dan penembakan rentetan akan dilakukan di halaman Gedung Pandanaran.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *